Tips Belajar Komputer Bagi Pemula

Tips Belajar Komputer Bagi Pemula

Pendahuluan

Dengan berkembangnya Era digital saat ini, kemampuan untuk dapat mengoperasikan komputer merupakan salah satu kemampuan dasar yang harus dimiliki oleh setiap orang dikarenakan penggunaan komputer sudah merambah ke berbagai aspek dikehidupan manusia. kita memanfaatkan komputer dan internet untuk melakukan berbagai aktivitas agar lebih mudah serta efisien.

Banyak pebisnis yang memulai berjualan dengan memanfaatkan internet yang pastinya akan berhubungan erat dengan komputer atau laptop. Dunia pendidikanpun sekarang juga melaksanakan metode pembelajaran jarak jauh atau daring menggunakan komputer maupun para karyawan yang sekarang bekerja dari rumah atau WFH (Work From Home).

Dengan komputer kita dapat mencari referensi materi untuk mendukung aktivitas kita dalam belajar dan bekerja. Bagi kamu yang ingin mempelajari komputer, tidak perlu terlalu dalam mempelajari dari yang rumit. Untuk memulainya, cukup mengetahui dasar-dasarnya saja terlebih dahulu. Dan bagi kamu ysng masih belum terbiasa atau bahkan belum bisa dalam pengoperasian komputer, kami rangkumkan dasar-dasar belajar komputer bagi pemula.

1. Mengetahui tujuan belajar komputer

Apasih tujuan kamu mempelajari komputer? Apakah karena tuntutan pekerjaan? Proses pembelajaran? atau hanya karena ingin menggunakan program maupun software yang ingin kamu gunakan?.
Dengan mengetahui awal tujuan kamu, ini akan memotivasi kamu agar lebih semangat untuk belajar komputer.

2. Punya Komputer Sendiri

Pertama-tama jika kamu ingin memulai belajar komputer, kamu harus memiliki komputer atau laptop pribadi. Dengan adanya komputer pribadi kamu bisa terus belajar dengan mempraktikkannya secara langsung daripada hanya dengan mengandalkan membaca buku.

3. Mengenal Hadware Komputer

Kenali beberapa hardware, bagi pemula cukup untuk mengenal dasar hardware terlebih dahulu agar lebih mengerti dan terbiasa nantinya. Hadware dasar yang perlu diketahui bagi pemula yaitu Monitor, Mouse dan Keyboard .

  • Monitor

Monitor adalah layar yang berfungsi untuk menampilkan gambar maupun tulisan.

  • Mouse

Mouse adalah alat petunjuk untuk mengantur perpindahan kursor di layar monitor dengan menggerakkan memilih serta melakukan scroll.

  • Keyboard

Keyboard adalah papan ketik berupa tombol yang berisikan huruf, angka dan kode lainnya dengan tujuan menginput data yang diinginkan.

4. Mengenal Software/Aplikasi Komputer

Setelah mengetahui beberapa dasar hardware yang perlu difahami, kamu juga perlu mengetahui beberapa software yang ada di komputer agar kamu mengetahui aplikasi apa yang akan kamu butuhkan nantinya. Seperti menonton film, bermain game, mengetik, mendesign, presentasi maupun ingin browsing di internet.
Berikut adalah beberapa software yang ada didalam komputer.

• Microsoft Office

Microsoft Word dan Microsoft Excel merupakan software bawaan windows yang sering digunakan sahari-hari. Mulai dari pelajar sampai pekerja pasti akan membutuhkan software ini. Jika tujuan kamu ingin belajar mengitik, kamu bisa menggunakan Microsoft Office untuk berlatih. Sedangkan Microsoft Exel digunakan bagi kamu yang ingin belajar dalam pengelolaan keuangan serta pendataan. Banyak rumus-rumus yang terdapat dalam aplikasi ini sehingga lebih memudahkan. Selain untuk mengelola keuangan, kamu juga bisa membuat tabel dengan sangat mudah dengan Microsoft Exel.
Jika kamu ingin melakukan sebuah presentasi, maka kamu perlu belajar aplikasi Microsoft Powerpoint. Kamu bisa memasukkan point-point tertentu dengan beberapa slide yang nantinya akan kamu presentasikan. Kamu juga bisa menyisipkan gambar pada slide presentai agar lebih menarik.

• Browser

Browser merupakan software yang digunakan untuk mencari informasi atau mengakses situs-situs yang ada di internet. Dengan browser kamu bisa mencari referensi, berbelanja, main game serta menonton film dan video secara online. Kamu bisa menggunakan Google Crome, Mozila Firefox dan lain-lain untuk browsing situs tersebut.

5. Rajin Berlatih

kunci utama dalam proses belajar komputer tentunya rajin berlatih. Agar kamu mahir menggunakan komputer maka kamu harus prakter dan berlatih sesering mungkin. Semakin sering kamu berlatih, maka semakin cepat pula kamu dalam menguasi komputer.

itu adalah beberapa tips yang telah kami rangkum untuk membantu kamu yang ingin belajar komputer bagi pemula. Semoga bermanfaat dan tetap semangat berlatih

 

Table of Contents

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *