Cara Membuat PowePoint Menarik

Membuat sebuah presentasi pastinya tidak asing lagi bagi kamu para pelajar maupun yang sudah bekerja. Presentasi merupakan salah satu bentuk komunikasi untuk menyampaikan suatu topik tertentu, ide maupun gagasan didepan guru, teman, atasan, klien dan lainnya.

Selain menyampaikan topik melalui komunikasi, powerpoint juga melibatkan media pendukung seperti teks, gambar, video, grafik yang tersusun dalam bentuk slide.
Membuat sebuah presentasi menggunakan powerpoint mungkin terdengar mudah bagi sebagian orang. Tetapi apakah kamu yakin presentasi yang kamu buat sudah cukup menarik untuk disampaikan?

Kebanyakan orang lebih sering tidak fokus saat mendengarkan presentasi. Penyampaian yang terlalu panjang dengan durasi waktu yang terlalu lama membuat audiens menjadi bosan. Belum lagi jika presentasi di powerpoint yang kamu buat terlalu banyak teks, dapat dipastikan para audiens pusing tujuh keliling.
Agar presentasi kamu dapat tersampaikan dengan baik dan tidak membosankan, kamu perlu membuat presentasi yang menarik. Bingung? Tenang, kami akan membagikan beberapa cara membuat presentasi yang menarik untuk kamu.

  • Menggunakan Desain yang Sederhana

    Perhatikan desain yang akan kamu buat untuk powerpoint kamu. Jangan menggunakan desain warna maupun slide yang terlalu mencolok serta berlebihan. Kamu bisa memilih warna netral dan menggunakan 2-3 warna saja untuk background.

  • Jangan Terlalu Banyak Teks

    Hal yang sering dilupakan oleh sebagian besar orang adalah apa yang seharusnya dicantumkan di powerpoint. Seperti nama aplikasinya, kamu cukup memasukkan point” tertentu saja pada slide yang nantinya akan kamu presentasikan, sehingga fokus audiens tidak pecah antara membaca dan mendengarkan. Selebihnya kamu bisa menjelaskan secara keseluruhan dari apa yang dimaksud dalam poin tersebut.

  • Menyisipkan Gambar, Grafik mapun Bullet

    Sisipkan gambar atau grafik yang sesuai dengan tema yang kamu sampaikan. Cari dan pilih gambar dengan kualitas terbaik. Dengan adanya gambar atau grafik akan lebih mendukung agar powerpoint kamu lebih mudah dipahami dan menarik untuk para audiens.

  • Pilih Font yang Sesuai

    Pilihlah jenis font yang mudah untuk dibaca sehingga para audiens akan lebih nyaman saat membacanya.

Ini adalah beberapa cara yang bisa membantu kamu untuk membuat powerpoint lebih menarik. Tidak hanya fokus untuk membuat powerpoint, tetapi perlu juga untuk menguasai materi sebelum kamu mempresentasikannya agar lebih mudah dipahami dan bisa menjawab pertanyaan dari audiens dengan tepat.

Table of Contents

Leave a Reply

Your email address will not be published.